Untitled Document
  Rabu , 01 April 2020 Login
Bank Transfer Konfrimasi Transfer Download
home profil berita Layanan Produk Layanan Jasa Informasi Pasar Komunitas Galery Tentang Kami
Berita > Detail Berita
   
Untitled Document
BERITA
LITBANG
PUBLIKASI
DATA PELABUHAN
LOWONGAN KERJA
 

 

 
BERITA RUMPUT LAUT
 
Sesuai Misinya, Gudang SRG Rumput Laut di Makassar Permudah Ekspor Bagi Petani
 
Senin, 30 Dec 2019 - Sumber: http://amp.wartaekonomi.co.id/ - Terbaca 15 x - Baca: Mar 18 2020    
 
Sistem Resi Gudang (SRG) rumput laut di Kawasan Pergudangan Parangloe Indah milik PT Asia Sejahtera Mina di Makassar, Sulawesi Selatan berhasil membantu para petani untuk mengekspor komoditas tersebut.

"Gudang SRG rumput laut di Makassar telah berhasil memberikan manfaat kepada para petani dengan berupa nilai tambah atas komoditas rumput laut. Saat komoditas rumput laut yang disimpan di Gudang SRG memenuhi kecukupan pasokan, standar kualitas, dan harga yang kompetitif, komoditas dapat dijual kepada para importir di luar negeri," ujar Kepala Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi, Tjahya Widayati, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Gudang SRG tersebut dikelola PT Wahana Pronatural Tbk. mulai semester kedua tahun 2019. Hingga November 2019, telah diterbitkan 2 resi gudang untuk 300 ton rumput laut senilai Rp7,050 miliar dengan pembiayaan lebih dari Rp4,93 miliar melalui Bank BJB.

Sebelumnya, gudang SRG ini dikelola Koperasi Serikat Pekerja Merdeka Indonesia (Kospermindo). Pada periode Maret 2018-Maret 2019, Gudang SRG ini telah menerbitkan 8 Resi Gudang untuk 950 ton rumput laut senilai Rp8,55 miliar dengan pembiayaan mencapai Rp5,35 miliar melalui Bank BJB dan PKBL PT Kliring Berjangka Indonesia.

Tjahya menegaskan, untuk mendorong peningkatan ekspor rumput laut, Kemendag terus berupaya menyederhanakan prosedur dan menekan biaya pengujian mutu rumput laut dalam SRG. "Pemerintah akan berkoordinasi dengan Badan Karantina Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai salah satu Lembaga Penilaian Kesesuaian Uji Mutu Ikan dalam SRG," kata Tjahya.

Berdasarkan data statistik perdagangan dari Trade Statistics For International Business Development, total ekspor produk agar-agar dari rumput laut dengan kode HS 1302.31 pada 2018 tercatat sebesar US$14,619 juta. Ada lima negara yang menjadi tujuan ekspor utama produk agar-agar dari rumput laut pada tahun 2018 yaitu Jepang sebesar US$3,298 juta; Italia sebesar US$2,077 juta; China sebesar US$1,555 juta; Rusia sebesar US$1,443 juta; dan Jerman sebesar US$1,387 juta.

Produk lainnya yang diolah dari rumput laut adalah karaginan dengan HS 1302.39. Produk tersebut berhasil diekspor Indonesia ke berbagai negara. Total ekspor karaginan pada akhir 2018 mencapai US$71,20 juta atau meningkat sebesar 87,03 persen dari tahun sebelumnya.

Lima negara yang menjadi tujuan ekspor Indonesia adalah China sebesar US$28,359 juta, Amerika Serikat sebesar US$9,042 juta, Jepang sebesar US$5,09 juta, Belanda sebesar US$4,618 juta, dan Inggris sebesar US$4,264 juta.

Sekilas SRG

Kementerian Perdagangan terus meningkatkan ekspor nonmigas dengan mengoptimalkan pemanfaatan Sistem Resi Gudang (SRG) sebagai instrumen pengamanan persediaan. "Pemerintah terus mendorong pemanfaatan SRG sebagai instrumen pengamanan persediaan untuk meningkatkan ekspor nonmigas. Para eksportir dapat memanfaatkan SRG dalam menjamin ketersediaan komoditas baik secara volume maupun terpenuhinya standar kualitas serta meminimalkan risiko penyimpanan," imbuh Tjahya.

Keberadaaan SRG, lanjut Tjahya, berperan vital dalam menjaga ketersediaan pasokan (secure of supply). Selain itu, SRG juga menjaga stabilitas harga dalam membantu menaikkan posisi tawar petani dan produsen jika harga komoditas mengalami penurunan pada saat musim panen.

"SRG membantu pembiayaan bagi petani dengan subdisi bunga sebesar 6 persen per tahun serta membantu akses pasar bagi komoditas baik di dalam negeri maupun untuk keperluan ekspor," imbuh Tjahya.

Tjahya mengatakan, SRG merupakan instrumen tunda jual yang menguntungkan petani. Hal tersebut karena komoditas yang disimpan petani di SRG dapat dijual kembali pada saat harga sudah naik di pasaran.

Sementara itu, selain sebagai instrumen tunda jual, layanan SRG bersama lembaga penjamin juga menyediakan akses pembiayaan komoditas. "SRG juga dapat memberikan nilai tambah karena pada saat komoditas yang disimpan di SRG memenuhi kecukupan pasokan, standar kualitas, dan harga yang kompetitif, komoditas tersebut dapat dijual kepada para importir di luar negeri," pungkas Tjahya.
 
 
 
 
 
More Berita
 
Pengikat Rumput Laut Dilema Social Distancing
  Senin, 30 Mar 2020-http://korankaltara.com/ - Terbaca 10 x
Sampah Rumput Laut Berdatangan di Pantai Nusa Dua
  Senin, 23 Mar 2020-https://www.nusabali.com/ - Terbaca 7 x
Gara-gara Corona, Petani Rumput Laut Kembali Merana
  Senin, 16 Mar 2020-http://www.balipost.com/ - Terbaca 11 x
Di Tengah Wabah Corona, Menteri KKP Kirim 53 Ton Rumput Laut Ke China
  Senin, 09 Mar 2020-http://www.rmolbengkulu.com/ - Terbaca 11 x
Virus Corona Membuat Perdagangan Ekspor Impor Mengeluh, Harga Rumput Laut Anjlok
  Senin, 02 Mar 2020-https://cakrawalainfo.id/ - Terbaca 8 x
Indonesia-Australia Kerja Sama Tingkatkan Produktivitas Rumput Laut
  Senin, 24 Feb 2020-https://investor.id/ - Terbaca 6 x
Sumba Timur Jadi Percontohan Industrialisasi Rumput Laut
  Senin, 17 Feb 2020-https://m.detik.com/ - Terbaca 17 x
Ekspor Rumput Laut RI ke Tiongkok Terhambat Korona
  Senin, 10 Feb 2020-https://m.medcom.id/ - Terbaca 9 x
KBI dan Asia Sejahtera Jalin Kongsi, Kembangkan Niaga Rumput Laut
  Senin, 03 Feb 2020-https://m.bisnis.com/ - Terbaca 11 x
Ekspor Rumput Laut Mendominasi, Tapi…
  Senin, 27 Jan 2020-https://www.radarpena.id/ - Terbaca 9 x
 
 
     
 
Untitled Document
 
 
 
 
 
Layanan Produk
 
Cara Pemesanan
Trade Data
China Study
Buku Eucheuma
Modul Pelatih
Modul Petani
Modul GMP
Peta GIS
Monograph
Buku Member
 
Layanan Jasa
 
Mitra Utama
Mitra Pelatihan
Konsultasi Online
Promosi - Buku Tamu
Pengembangan Website
Pasang Iklan
 
Team
 
Dr. Iain C. Neish
Irsyadi Siradjuddin
Boedi Julianto
Dina Saragih
Dedi Kurniadi
 
Alamat Kantor
JaSuDa Team
POSKO UKM JaSuDa
Ruko Hasanuddin Commercial Center Blok A.11
Jl. Perintis Kemerdekaan KM 09. Tamalanrea, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
 
Statistik Website
Kunjungan 489,813  Kali
Jumlah Anggota 10,198 Org
Buku Tamu / Promosi 802  lihat
Konsultasi Online 2756  lihat
 
             
 
 
PT. JARINGAN SUMBER DAYA (JaSuDa.nET)
All Rights Reserved. Created 2005, Revised 2014. Supported by Ford Foundation.
Developed by Irsyadi Siradjuddin